Rabu, 24 Juni 2015

makalah profesionalisme kerja



MAKALAH
PROFESIONALISME KERJA

Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah : Etika Profesi
Dosen Pengampu : Mu’minah, M.Pd.I

Description: logo.jpg

Oleh:
Ayu Annadliyah
M. Eko Priyanto
M. Heri Susanto
Moh. Aban Falahi

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM KI AGENG PEKALONGAN
2015

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan Makalah ini. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada nabi Muhammad Saw
Makalah ini berisikan tentang Profesionalisme Kerja. Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kepada kita semua
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


Pekalongan, Mei  2015

Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG

       Sebuah aktifitas dalam segala hal membutuhkan suatu keahlian yang sesuai dengan bidangnya dan mempunyai sebuah kompetensi standard dalam suatu bidang yang dikerjakan tersebut, apabila orang melakukan suatu pekerjaan yang tidak sesuai dengan kompetensinya maka suatu hal buruk akan menimpanya, karena sebuah pekerjaan memerlukan sebuah kempetensi ahli dalam bidang pekerjaan tersebut.
       Sebuah Pekerjaan tetap bidang tertentu berdasarkan keahlian khusus yang dilakukan secara bertanggung jawab dengan tujuan memperoleh penghasilan disebut profesi. Profesi memerlukan seorang yang menjalankannya maka itu disebut professional, dalam artian sempit bisa disimpulkan seperti itu.
       Sebuah professional tidak bisa tumbuh hanya dengan sebuah rangsangan dari seseorang atau sebuah saran yang diberikan seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan, melainkan professional harus ditempuh dengan beberapa tahapan dan aksi praktik dalam sebuah pekerjaan.
       Mengingat pentingnya tenaga professional sangatlah dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, maka dengan ini kami pemakalah akan memaparkan bagaimana cara untuk menempuh sebuah professional dalam sebuah pekerjaan dan anggapan anggapan tentang keprofesioanlan dalam pekerjaan.
            Dengan paparan diatas maka pemakalah merumuskan sebuah masalah sebgai berikut :

B.     RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana anggapan bahwa profesionalisme dapat diharapkan muncul sekedar dengan anjuran adalah tidak benar?
2.      Apa saja komponen yang perlu untuk kompetensi professional?

C.    TUJUAN PENULISAN MAKALAH

1.      Mengetahui anggapan bahwa profesionalisme dapat diharapkan muncul sekedar dengan anjuran adalah tidak benar Mengetahui komponen dalam kompetensi professional
2.      Memgetahui komponen yang perlu untuk kompetensi professional

D.    SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH

       Makalah ini disusun dalam tiga bagian. Adapun sistematika penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan makalah dan sistematika penulisan makalah.
Bab II, bagian pembahasan yang membahas tentang Mengenal Profesionalisme Kerja
Bab III, bagian penutup, simpulan, daftar pustaka

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Profesi

Pengertian  umum,  seseorang  dikatakan  profesional  jika  memenuhi  tiga kriteria,  yaitu  mempunyai  keahlian  untuk  melaksanakan  tugas  sesuai  dengan bidangnya,  melaksanakan  suatu  tugas  atau  profesi  dengan  menetapkan  standar baku  di  bidang  profesi  yang  bersangkutan  dan  menjalankan  tugas  profesinya dengan mematuhi etika profesi yang telah ditetapkan. Profesi dan profesionalisme dapat  dibedakan  secara  konseptual  seperti  dikemukakan  oleh  Lekatompessy
  Profesi  merupakan  jenis  pekerjaan  yang  memenuhi  beberapa  kriteria, sedangkan profesionalisme merupakan suatu atribut individual yang penting tanpa melihat  apakah  suatu  pekerjaan  merupakan  suatu  profesi atau  tidak.
Dari pemaparan diatas bisa dapat kita simpulkan, jika sebuah profesi ingin memerlukan tenaga professional haruslah memiliki beberapa komponen, yaitu :
a.     Mempunyai keahlian dalam bidang
b.    Memiliki standar baku
c.     Mematuhi dan berkomitmen pada etika pekerjaan
Profesi[1], adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian. Profesional, adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan. purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlianyang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga, istilah profesi, professional, profesionalisme, dan profesionalitas dapat dibedakan menjadi berikut.
1.      Profesi ialah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian tertentu
2.      Professional ialah: (a) bersangkutan dengan profesi;(b) memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya;(c) mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya
3.      Profesionalisme ialah mutu, kualitas, tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang professional
4.      Profesionalitas ialah : (a) perihal profesi; (b) keprofesian;(c) kemampuan untuk bertindak secara profesional
Yang harus kita ingat dan fahami betul bahwa “PEKERJAAN / PROFESI” dan “PROFESIONAL” terdapat beberapa perbedaan :
PROFESI:
  • Mengandalkan suatu keterampilan atau keahlian khusus.
  • Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu).
  • Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup.
  • Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam.
PROFESIONAL :
  • Orang yang tahu akan keahlian dan keterampilannya.
  • Meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaan atau kegiatannya itu.
  • Hidup dari situ.
  • Bangga akan pekerjaannya.
Secara umum ada beberapa ciri atau sifat yang selalu melekat pada profesi, yaitu[2]:
1.      Adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun.
2.      Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi.
3.      Mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.
4.      Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus.
5.      Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi.
Abudin Nata menambahkan tiga kriteria suatu pekerjaan profesional[3]:
a.       Mengandung unsur pengabdian
Setiap profesi dikembangkan untuk memberikan pelayanan tertentu kepada masyarakat. Setiap orang yang mengaku menjadi pengembang dari suatu profesi tertentu harus benar-benar yakin bahwa dirinya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat tersebut.
b.      Mengandung unsur idealisme
Setiap profesi bukanlah sekedar mata pencari atau bidang pekerjaan yang mendatangkan materi saja melainkan dalam profesi itu tercakup pengertian pengabdian pada sesuatu yang luhur dan idealis, seperti mengabdi untuk tegaknya keadilan, kebenaran meringankan beban penderitaan sesama manusia
c.       Mengandung unsur pengembangan
Setiap bidang profesi mempunyai kewajiban untuk menyempurnakan prosedur kerja yang mendasari pengabdiannya secara terus-menerus. Secara teknis profesi tidak boleh berhenti atau mandek. Kalau kemandekan teknik ini terjadi profesi itu dianggap sedang mengalami proses kelayuan atau sudah mati. Dengan demikian, profesipun manjadi punah dari kehidupan masyarakat
       Sesuai dengan pengertian profesi dan ciri-ciri yang diungkapkan di atas, maka pekerjaan guru adalah tugas keprofesian. Munculnya pengakuan guru sebagai pekerjaan professional tentu didasari alas an teretntu. Alasan tersebutlah yang mendorong masyarakat melakukan profesionalisasi pekerjaan guru. Menurut Muktahar ada tiga alasan mendasar mengapa guru harus menjadi pekerjaan professional[4], yaitu:
1.      Karena guru bertanggung jawab menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, beriman, bertakwa, dan berilmu pengetahuan, serta memahami teknologi
2.      Karena guru bertanggungjawab bagi kelangsungan hidup bangsa. Menyiapkan seorang pelajar untuk menjadi seorang peimpin di masa depan (student today leader tomorrow)
3.      Karena guru bertanggungjawab bagi keberlangsungan budaya dan peradaban suatu bangsa(change of attitude and behavior)
       Kemudian sebuah pekerjaan dikatakan professional apabila pekerjaan tersebut memiliki kode etik. Secara harfiah, kode etik adalah sumber etika, aturan, sopan santun atau tata susila, atau suatu hal yang berhubungan dengan kesusilaan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Kode etik profesi berarti aturan kesusilaan suatu profesi. Artinya sebagai penangkal dari kecenderungan manusia pengemban profesi yang ingin menyimpang/menyeleweng.
       Kode etik berfungsi[5]: (1) memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang telah digariskan; (2) sebagai control social bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan; (3) mencegah campur tangan pihak dari luar organisasi profesi tentang hubungan etika keanggotaan profesi.
      Dalam lapangan kerja, atasan seharusnya menilai kemampuan orang bukan senantiasa atas diploma atau gelarnya, tetapi atas dasar kesanggupannya untuk mewujudkan prestasi berupa dengan modal pengetahuan yang ada. Diploma atau sarjana bukan jaminan prestasi seseorang. Prestasi harus diukur di satu pihak dengan hasil yang diperoleh dari seseorang dan dilain pihak dengan tolak ukur yang dikaitkan dengan kemampuan yang semestinya ada pada orang itu.        
      Anggapan bahwa Profesionalisme dapat diharapkan Muncul Sekedar denganAnjuran, Tidaklah Benar 
Berdasarkan di bawah ini dikemukakan beberapa ciri profesionalisme[6] :
1)      1.Profesionalisme menghendaki sifat mengejar kesempurnaan hasil (perfectresult), sehingga kita di tuntut untuk selalu mencari peningkatan mutu.
2)      Profesionalisme memerlukan kesungguhan dan ketelitian kerja yang hanyadapat diperoleh melalui pengalaman dan kebiasaan
3)      Profesionalisme menuntut ketekunan dan ketabahan, yaitu sifat tidak mudah puas atau putus asa sampai hasil tercapai.
4)      Profesionalisme memerlukan integritas tinggi yang tidak tergoyahkan oleh“keadaan terpaksa” atau godaan iman seperti harta dan kenikmatan hidup.
5)      Profesionalisme memerlukan adanya kebulatan fikiran dan perbuatan,sehingga terjaga efektivitas kerja yang tinggi
       Ciri di atas menunjukkan bahwa tidaklah mudah menjadi seorang pelaksana profesi yang proprofessionalarus ada kriteria-kriteria tertentu yang mendasarinya. Lebih jelas dikemukakan oleh Tjerk Hooghiemstra bahwa seorang yang dikatakan professional adalah mereka yang sangat berkompeten. Anggapan bahwa profesionalisme dapat diharapkan muncul sekedar dengan anjuran, tidak benar. Selanjutnya perlu dibedakan antara unjuk kerja superior dengan rata-rata. Kompetensi dapat berupa motif, sifat, konsep diri pribadi, nilai-nilai, pengetahuan yang dimiliki, keterampilan dan berbagai sifat yang dimiliki seseorang yang dapat diukur dan menunjukkan perbedaan antara rata-rata dengan superior.  

B.     Kompetensi Profesional

       Seiring dengan persaingan bisnis yang sangat tajam dan perubahan lingkungan yang drastis pada setiap aspek kehidupan manusia, menutut adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai kompetensi yang unggul di bidangnya sehingga dapat memberikan output yang terbaik bagi organisasi atau perusahaan. Dalam hal ini kompetensi berarti memiliki kemampuan secara professional sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik dan menghasilkan hasil akhir berdasarkan mutu yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
       Kompetensi menunjukkan terdapatnya pencapaian dan pemeliharaan suatu tingkat pemahaman dan pengetahuan yang memungkinkan seorang anggota untuk memberikan jasa dengan kemudahan dan kecerdikan. Setiap anggota bertanggugjawab untuk menentukan kompetensi masing-masing atau menilai apakah pendidikan, pedoman dan pertimbangan yang diperlukan memadai untuk bertanggungjawab yang harus dipenuhinya.
Kompetensi dapat dibagi menjadi beberapa kategori berikut[7].
v  Core Competencies (Kompetesi Utama)
Kompetensi utama adalah sebuah kompetensi yang didefinisikan sebagi kemampuan internal yang sangat penting bagi perusahaan. Kompetensi ini adalah diharapakan dimiliki oleh semua individu dalam organisasi
v  Threshold competencies
Adalah karakteristik pemegang pekerjaan sehingga bisa menjalankan pekerjaan secara efektif, tetapi tidak dapat digunakan seorang yang berkinerja tinggi, rata-rata, atau rendah. Misalnya penjual yang baik harus kemampuan yang memadahi tentang produk yang mereka jual, tetapi pengetahuan ini tidak selalu cukup untuk memastikan performa penjualan mereka.
v  Differentiating Competencies
Adalah karakterisrik yang membedakan individu berkinerja superior dengan rata-rata. Misalnya individu yang bekerja di bidang desain memiliki Differentiating Competencies dalam mendesain yang membuatnya lbih unggul dari orang lain.
       Komponen-komponen yang perlu untuk kompetensi professional[8]
1.      Kompetensi spesialis
Kemampuan untuk :
-          keterampilan dan pengetahuan
-          Menggunakan perkakas sdan peralatan yang sempurna
-          Mengorganisasikan dan menangani maslah
2.      Kompetensi Metodik
Kemampuan untuk:
-          Mengumpulkan dan menganalisa informasi
-          Mengevaluasi informasi
-          Orientasi tujuan kerja
-          Bekerja secara sistematis
3.      Kompetensi Individu
Kemampuan untuk inisiatif, dipercaya, , motifasi, dan kreatif
4.      Kompetensi Sosial
Kemampuan untuk berkominikasi, bekerja sama dan kerja kelompok
 
















 BAB III
PENUTUP


Simpulan

         Dari uraian penjelasan makalah ini dapat pemakalah simpulkan bahwa akan pentingnya menjalankan suatu pekerjaan secara professional sesuai dengan kompetensi profesi yang kita miliki, sehingga tercipta suasana profesionalitas dalam sebuah organisasi/perusahaan.





      

DAFTAR PUSTAKA

Khasanah Nur. Etika Profesi dan Profesional Bekerja (Jakarta:Direktorat Pembinaan SMK.2013)
Barnawi dan Arifin M. Etika dan Profesi Kependidikan.(Jakarta: Arruz Media.2012)
http://kel2-profesionalismekerja.blogspot.com (diakses 8 Mei 2015 di STAIKAP)


[1] Nur Khasanah. Etika Profesi dan Profesional Bekerja (Jakarta:Direktorat Pembinaan SMK.2013) Hlm 79
[2]  Ibid Hlm 80
[3]  http://kel2-profesionalismekerja.blogspot.com (diakses 8 Mei 2015 di STAIKAP)

[4] Barnawi dan M. Arifin. Etika dan Profesi Kependidikan.(Jakarta: Arruz Media.2012) Hlm 118
[5] Ibid Hlm 53
[7] Nur Khasanah. Op.Cit. hlm 49-50

1 komentar:

  1. Mas kalau untuk pemula pebisnis online sebaiknya seperti apa?

    Ini produk import Obat Pembesar Penis Alami silahkan baca dengan baik pasti masalah terpecahkan...

    BalasHapus